Keown : Dua Kekalahan Arsenal Karena Ozil Tak Berperan Dalam Pertahanan,

mesut ozil arsenal, mesut ozil, arsenals, Premier League, Liga inggris, Martin kewon
Mesut Ozil arsenals

Martin Keown sebagai mantan pemain legenda Arsenal, meyakini bahwa tim yang pernah dibelanya dari tahun 1993 – 2004, sedang mengalami zona yang membahayakan untuk tidak menjadi juara musim ini setelah takluk dengan kedua kekalahan yang dialaminya secara beruntun.

Kekalahan tersebut terjadi ketika mereka menghadapi pertandingan pekan lalu saat melawan Manchester City 2-1 dan pada pertandingan sebelumnya saat melawan Everton dengan skor yang sama. Dengan demikian mereka kini memiliki jarak sembilan poin dari sang pemuncak klasemen sementara yaitu Chelsea.

Mantan pemain belakang The Gunners itu mengerti apa dan berapa yang dibutuhkan untuk dapat memboyong trofi juara karena Ia sempat mendampingi Arsenal meraihnya sebanyak tiga kali. Ia juga mengerti bahwa Arsenal bisa dapat rapuh di bawah tekanan.

Memang Arsenal memiliki sejarah panjang dalam mengalami kendala saat bermain di laga penting dan mereka tidak pernah lagi jadi juara liga Inggris setelah melewati musim 2003/2004 tanpa terkalahkan ketika Keown masih bermain.

Saat ditanya oleh Daily Mail apakah musim ini Arsenal berada dalam bahaya dengan keadaan sekarang, Keown menjawab,”Saya rasa kita semua tahu itu. Perjalanan ke Everton dan Manchester City adalah cara yang bagus untuk menilai bagaimana anda sebagai tim dan sulit untuk menghadapi keduanya di pekan yang sama.”

Ia melanjutkan “Ini adalah tim yang kerap dituding kehilangan rasa percaya diri ketika mereka mengalami hasil buruk. Kita sudah lihat di awal musim ketika Arsenal mengumpulkan rekor tiga imbang di empat pertandingan. Arsenal harus melupakan semua hasil buruk belakangan ini. Arsene Wenger akan bekerja amat keras di balik layar untuk mengembalikan rasa percaya diri tim.”

Ia sempat juga mengkritik Mesut Ozil karena sang pemain sangat jarang membantu timnya dalam pertahanan, saat mereka kalah dari Manchester City pekan lalu. Ia berharap kepada sang pelatih untuk memberikan pemain Jerman tersebut peran yang lebih jelas di pertandingan besar, terutama saat tim tidak menguasai banyak bola seperti biasanya.

Walau Ozil sudah dalam bentuk terbaiknya di musim ini, namun performanya tidak terlalu impresif dalam dua pertandingan terakhir.

Ia mengungkapkan juga kepada Daily Mail ” Ozil harus membicarakan lagi tentang perannya dengan Wenger saat tim tidak menguasai banyak bola. Apa yang ia lakukan di Manchester City tidak cukup. Dia seperti hanya berjalan kaki ketika Arsenal tidak menguasai bola. Ozil harus diberikan lebih banyak tanggung jawab dalam merebut bola kembali ketika Arsenal tidak menguasai bola melawan tim yang amat bagus soal itu, seperti City.”

“Pertanyaan ini jarang diajukan pada Arsenal sebab mereka biasanya amat mendominasi permainan saat menguasai bola, namun sayangnya peran Ozil tidak terlalu jelas ketika mereka tidak menguasai bola.” lanjutnya.