Real Madrid Juarai Piala Dunia Antarklub, Karena Wasit Tak Beri Kartu Merah Sergio?

sergio ramos, madrid vs Kashima
Sergio Ramos

Pemain lini belakang dari Real Madrid yang sekaligus menjabat sebagai kapten, Sergio Ramos, berharap rekannya tak terlena dengan apa yang telah mereka peroleh sejauh ini dan tetap mempertahankan performa terbaik mereka hingga saat ini.

Memang sejak kedatangan pelatih baru mereka Zinedine Zidane untuk menggantikan posisi Rafael Benitez pada awal tahun ini, Real Madrid menunjukkan performa yang cemerlang. Mereka memang belum sanggup bersaing dengan Barcelona di liga spanyol, La Liga, musim lalu walupun ditebus dengan sukses meraih juara Liga Champions.

Performa yang positif itu terus berlanjut hingga kini dan terbukti untuk saat ini mereka masih memimpin klasemen sementara Liga Spanyol  dan kabar terbarunya  mereka sukses memenangkan gelar Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Kashima Antlers di partai final dengan skor 4-2.

Ramos mengungkapkan “Kami telah melakukan pekerjaan besar. Sejak Zidane datang, tim telah memecahkan rekor dan ini adalah bagaimana semua ini terjadi, Kami harus terus bekerja keras, tapi ini juga waktu untuk menikmati apa yang telah kami capai, istirahat sebentar dan mengisi ulang baterai dan kembali segar untuk bermain dengan baik pada 2017, karena kami mengincar juara di tiga kompetisi yang kami masih ikuti,”

Namun Ramos mengakui bahwa dirinya sedikit beruntung saat melawan Kashima Antlers di final kemarin. Ia tak mendapatkan kartu kuning kedua di masa-masa akhir pertandingan di waktu normal.

Memang Real Madrid terlihat benar-benar dibuat kesulitan oleh pasukan dari Kashima walaupun akhirnya mampu mengungguli mereka dengan skor 4-2. Cristiano Ronaldo menjelma menjadi pahlawan timnya berkat tiga gol yang dibuatnya, sementara satu gol lainnya dicetak oleh Karim Benzema. Disisi lain dua buah gol yang membobolkan gawang Los Blancos dihasilkan oleh Gaku Shibasaki.

Namun ada satu momen yang menjadi kontroversial saat Sergio Ramos melakukan pelanggaran terhadap salah seorang pemain Kashima di menit ke-89. Sang Wasit Janny Sikazwe sempat terlihat merogoh saku untuk mengeluarkan kartu, namun itu membatakan niatnya dan akhirnya Ramos pun tak mendapatkan kartu kuning kedua yang bisa menjadi kartu merah baginya.

Kejadian ini sempat diprotes oleh apra pemain lawan yang menilai Ramos layak mendapatkan kartu kuning kedua karena pelanggaran itu.

Ia mengatakan “Yang pertama saya tidak berpikir bahwa saya akan mendapatkan kartu kuning, tapi yang kedua, saya senang keberuntungan yang saya miliki berubah sedikit, karena wasit berada di pihak saya di sana,”

Kemudian Ia melanjutkan, “Itu adalah pertandingan yang sulit melawan tim yang rumit. Mereka membuat kami menderita dan kami harus menunjukkan banyak intensitas dan mengambil keuntungan dari peluang yang datang di jalan kami, Kami semua sangat bangga telah menutup tahun dengan gelar lain, dan itu bagus bagi kami untuk menambah trofi lagi,”.