Sepuluh Mesin Gol Asal Spanyol

Banyak pemain berdarah Spanyol yang menyebar keseluruh dunia untuk membuktikan kemampuan mereka di klub yang mereka bela, ada yang diposisi sebagai pemain belakang, ada di posisi gelandang atau sayap dan tak jarang juga yang menjadi penyerang dan ujung tombak andalan bagi klubnya.

Tak mudah bagi penyerang untuk selalu dapat membuahkan gol dalam setiap pertandingan bahkan bila dirata ratakan dengan pertandingan yang dimainkan. Selain itu terkadang absennya sang pemain karena cedera maupun karena hukuman kartu juga membuat kesempatan menghasilkan gol menjadi berkurang.

Berikut ini adalah catatan dari sepuluh pemain sepak bola berkebangsaan Spanyol di tiga liga top papan atas Eropa (Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Spanyol) yang menjadi striker dan menjadi mesin gol terbanyak selama periode 1 Januari – 31 Desember 2016 untuk lintaskompetisi.

Ke sepuluh pemain asal Spanyol yang dimaksud adalah :

  1. Aritz Aduriz dari Athletic Bilbao dengan 28 gol
  2. Diego Costa dari Chelsea dengan 24 gol
  3. Iago Aspas dari Celta Vigo dengan 20 gol
  4. Alvaro Morata dari Juventus dan pindah ke Real Madrid dengan 18 gol
  5. Ruben Castro dari Real Betis dengan 18 gol
  6. Jose Callejon dari Napoli dengan dengan 15 gol
  7. Alvaro Negredo dari Valencia dan pindah ke Middlesbrough dengan 14 gol
  8. Raul Garcia dari Athletic Bilbao dengan 14 gol
  9. Fernando Torres dari Atletico Madrid dengan 13 gol
  10. Rodrigo dari Valencia dengan 12 gol

Sekedar info sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang tahun 2016 untuk kriteria yang disebutkan diatas, dipegang oleh Aduriz. Dan yang menariknya adalah  saat ini Ia telah berusia 35 tahun namun Ia tetap tajam dalam menghasilkan gol untuk timnya.

Kemudian yang menjadi Runner up adalah Diego Costa. Penyerang yang berusia 28 tahun tersebut memang kelahiran di Brasil namun Ia tetap berkebangsaan Spanyol dan terbukti bahwa dirinya diikut sertakan dalam timnas Spanyol. Ia memiliki jumlah gol dengan selisih terpaut empat buah dengan rivalnya. Ia telah menyumbangkan total 24 gol di lintas kompetisi bersama timnya, Chelsea selama tahun 2016. Dan jumlah tersebut sudah termasuk sebuah golnya saat Chelsea menaklukan lawannya yaitu Stoke City dengan skor 4-2 di Premier League dihari terakhir tahun 2016 kemarin.