Thomas Tuchel Positif Tanggapi wacana Perubahan Format Bundesliga

Thomas Tuchel Positif Tanggapi wacana Perubahan Format Bundesliga

Menurut Pelatih Borussia Dortmund tersebut, wacana babak play off untuk menentukan juara bundesliga Jerman adalah ide yang bagus, membuka lebar kesempatan bagi Runner up atau juara ketiga untuk bisa mencicipi gelar juara Bundesliga yang dalam empat musim terakhir selalu didominasi Bayern Munchen.

Thomas Tuchel Positif Tanggapi wacana Perubahan Format Bundesliga

Wacana terkait dengan perubahan format perburuan gelar juara Bundesliga Jerman dengan menggunakan sistem babak play-off untuk menentukan sang juara mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, termasuk diantaranya arsitek Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Suksesor Jurgen Klopp tersebut beranggapan bahwa wacana itu sangatlah masuk akal dan bagus bagi persaingan gelar juara.

Sebagai informasi, sebelumnya memang sempat terdengar wacana untuk perubahan format persaingan gelar Bundesliga Jerman, dimana ide tersebut sendiri sejatinya dilayangkan oleh Wolfgang Holzhauser, eks presiden Liga Sepakbola Jerman (DFL), yang mencemaskan efek negatif hegemoni Bayern Munich.

Demi menjaga kualitas dan kompetisi dari Bundesliga Jerman tersebut, Holzhauser menilai, bahwa selepas bergulirnya musim penuh diperlukan juga adanya babak play-off melibatkan tim urutan pertama sampai keempat demi bersaing mendapatkan titel juara pada akhir musim.

Terkait wacana ini, Thomas Tuchel selaku pelatih Borussia Dortmund menuturkan reaksi positif.

“mengapa tidak? Dalam pandangan saya, hal tersebut sejatinya akan memberikan kesempatan kepada runner-up, juga peringkat ketiga dan keempat untuk menjadi kampiun. Saya pikir play-off bukan ide yang terlalu berlebihan. Pada dasarnya saya sangat terbuka untuk penerapan wacana atau aturan baru di sini.” tukas Tuchel kepada reporter kala dimintai tanggapan perihal wacana play-off.

Sebagai Informasi, Borussia Dortmund sendiri merupakan klub terakhir yang menjuarai Bundesliga pada 2011 dan 2011 sebelum Bayern berjaya tanpa putus dalam empat tahun ke belakang yang sekaligus mencatatkan rekor sebagai juara bertahan terlama.