Xhaka Beradaptasi Untuk Selalu Dapat Posisi

Granit Xhaka, Arsenal, Xherdan Shaqiri, Arsene wenger
Granit Xhaka – Arsenal 2016

Granit Xhaka adalah pemain gelandang yang baru bergabung dengan Arsenal musim ini namun dirinya sulit mendapatkan tempat sebagai tim inti. Tercatat sampai saat ini Ia turun baru 10 kali sebagai starter sebelum laga melawan mantan klubnya,  Basel kemarin.

Pemain yang baru berusia 24 tahun tersebut direkrut oleh Arsenal dari Liga Jerman dengan klub Borussia Monchengladbach di musim panas kemarin dengan tebusan 30 juta poundsterling lebih. Dan ini membuatnya menjadi pemain keempat termahal di Arsenal setelah Alexis Sanchez, Shkodran Mustafi, dan Mesut Ozil.

Namun pemain bernomor punggung 29 ini tidak menjadi pemain reguler di liga, dan pelatihnya Arsene Wenger justru memilih Francis Coquelin, Aaron Ramsey, dan Mohamed Elneny dibanding dirinya

Walaupun sulit namun bukan tidak bisa dirinya untuk mendapat kepercayaan dari Wenger. Malah Wenger memberikan pujian kepadanya karena kontribusi yang diberikan oleh Xhaka di Arsenal akhir akhir ini . Ia amat terkesan dengan start yang dibuat Xhaka di London Utara.

Sebelum pertandingan Liga Champions di Swiss hari ini, Wenger mengungkapkan kepada Daily Star: “Xakha terus menyesuaikan diri. Datang ke klub baru, di mana ada kompetisi dengan persaingan yang ketat, dia bisa terus fokus dan dia melakukan tugasnya dengan baik tiap hari. Saya percaya dia sudah bisa menyesuaikan diri dengan intensitas permainan dan juga duel di lini tengah.”

Ia melanjutkan “Dia memiliki modal untuk melakukannya. Dia bisa memberikan keseimbangan antara menyerang dan bertahan, dan ia sudah banyak berkembang belakangan ini.”

Xherdan Shaqiri, sebagai rekan seperjuangannya saat di Basel dan rivalnya di liga Jerman mengakui bahwa Xhaka saat ini sudah bermain bagus di Arsenal namun Ia juga mengingatkan  bahwa dirinya harus menerima kenyataan akan selalu menjadi starting di tiap pertandingan.

Shaqiri mengungkapkan di Blick: “Tahun pertama di Liga Inggris akan selalu berat. Xhaka harus menerima fakta bahwa di liga ini ia harus bisa menyesuaikan diri dengan tim. Di Arsenal, ia dipastikan tidak akan dimainkan di setiap pertandingan. Ada begitu banyak laga Saya pikir, dia sudah bermain bagus sejauh ini, namun jelas, Liga Inggris berbeda dengan Liga Jerman.”